livan73

http://payspree.com/113/livan73

Rabu, 24 Februari 2010

Alam Bawah Sadar

Pernah dengar perkataan alam bawah ?? Maksud saya bukan sesuatu yang bersifat gaib atau magis, tetapi alam bawah sadar di dalam pikiran manusia. Mungkin hamba dan Anda bukan yang pertama mempertanyakannya.

Menurut diskusi dengan beberapa sahabat, ternyata pikiran manusia itu dapat diumpamakan laksana perpustakaan yang canggih … atau mungkin lebih tepatnya mesin search engine yang paling mutakhir, yang memiliki sistem operasi sendiri yang lebih canggih dari Windows7 keluaran dari microsoft terbaru. Nah … di suatu perpustakaan atau mesin pencari, kita hanya bisa mengakses data atau keyword yang dicari, sisa data yang tidak terpancing keluar adalah bentuk data base yang luar biasa dahsyatnya.

Ibarat sebuah mesin pencari, alam sadar adalah alam yang sedang kita gunakan keyword/kata kuncinya … atau tampilan yang muncul ketika kita menggunakan sebuah mesin pencarian dan sisanya adalah yang tidak terlihat atau tidak tereksplorasi. Jadi alam sadar adalah alam yang ada saat suatu waktu kita perlukan, itulah sebuah ilustrasi yang menurut saya menggambarkan tentang alam sadar dan alam bawah sadar.

Lalu apa maksudnya kalau kita telah mengetahui pemahaman tentang alam bawah sadar dan alam sadar ?? Nah … sebenarnya alam bawah sadar ini memiliki kemampuan yang luar biasa, pada kondisi-kondisi tertentu alam bawah sadar dapat bekerja dan otak bawah sadar mempunyai kemampuan 7x lebih besar dibanding otak sadar. Alam bawah sadar mengatur semua aktivitas hidup kita, bahkan saat kita sedang tidur, antara lain bernafas dan mengatur denyut jantung.

Bagi Anda yang sedang berlatih berenang, atau berlatih mengendarai mobil, atau berlatih mengetik tanpa melihat; sadarkah Anda bahwa jika Anda telah bisa melakukan hal-hal seperti yang hamba sebut diatas, maka yang terjadi adalah mekanisme pengerakan diri oleh alam bawah sadar kita.

Pembentukan keahlian alam bawah sadar dapat dilakukan melalui proses sebagai berikut :

1. Proses Tidak Sadar/Tidak Tahu
Ketika pertama belajar, kita sombong dan merasa paling bisa; terkadang kita tak paham tentang apapun. Ingat, untuk mengetahui diperlukan suatu proses yang disebut belajar; hal ini sebagai keyword/kata kunci dalam menjalankan alam bawah sadar kita. Ingat, saat pertama belajar mengetik dengan dua tangan tanpa melihat apa yang terjadi : kita sering menganggap mudah! Padahal ketika kita mencoba, kita sering salah.

2. Proses Penyadaran
Ketika kita tahu bahwa kita tak bisa mengetik dengan dua tangan tanpa melihat, maka kita akan melakukan pembelajaran secara pelan-pelan; mulai dari melihat letak huruf, menghapal … dalam hal ini terjadi proses penyadaran dari sesuatu yang tidak sadar.

3. Tahap Pemahiran
Ketika kita sudah bisa mengetik dengan 2 tangan, sudah hapal letak huruf lalu kita akan berlatih agar kita bisa mencapai suatu kemahiran tahap ini merupakan sebuah kesadaran ternyata kita telah mahir untuk mengetik dengan dua tangan tanpa melihat

4. Tahap Membangun Alam Bawah Sadar
Tahapan terakhir dari proses ini adalah tahap mengubah alam bawah sadar ke alam tidak sadar, loh kok ??
Ketika kita telah mahir mengetik dengan dua tangan tanpa melihat, tanpa sadar alam bawah sadar kita telah merekam atas kesadaran kemampuan yang kita telah miliki; ketika kita telah berlatih berulang-ulang secara otomatis, semua berjalan dengan begitu saja. Alam bawah sadar kita telah mengambil peranan dalam penjalanan keahlian yang kita miliki, rutinitas ini membentuk suatu kebiasaan yang dicatat dalam alam bawah sadar; yang selanjutnya dipergunakan mengikuti kode pencatatan, mengikuti program yang telah tersusun, tanpa harus menguras terlalu banyak energi dari kesadaran kita.

Seperti contoh kasus mahir mengetik dengan dua tangan tanpa melihat akan membuat kita menghemat energi; dengan tidak sebentar-sebentar melihat tombol keyboard, atau menekan backspace untuk menghapusnya yang terjadi ketika kita membaca sebuah tulisan/menerjemahkan ide ke dalam tulisan. Semua akan mengalir begitu saja.

Seperti yang hamba bilang bahwa alam bawah sadar adalah sebuah data base raksaksa yang memiliki sistem operasi yang paling canggih; maka laksana sebuah sistem komputer, alam bawah sadar rentan terhadap serangan virus. Virus apa yang bisa merusak alam bawah sadar kita, yaitu : virus ketakutan, panik, emosi yang berlebihan, trauma, dan pikiran negatif lainnya.

Kalau ada virus, lalu apakah ada anti-virusnya ?? Tentu ada, anti-virus yang paling hebat untuk menyelamatkan alam bawah sadar kita adalah pikiran positif dan rasa percaya diri (tapi jangan pede akut juga ya … hahaa).

Bagaimana membangun anti-virus (rasa percaya diri) ?? Adalah dengan meyakinkan diri sendiri. Coba ucapkan dengan bahasa yang positif, misalnya : “Saya bisa, saya berani”. Jangan ucapkan hal-hal yang menjadi virus alam bawah sadar anda : “Saya bisa, tapi …”, “Dia lebih baik daripada saya”, “Apakah benar saya bisa ??”. Kalimat-kalimat terakhir yang hamba contohkan akan merusak alam bawah sadar Anda.

Supaya pemrograman alam bawah sadar dapat lebih cepat terjadi, maka seperti yang hamba tuliskan pada kalimat diatas; bangunlah rasa percaya diri, perasaan nyaman dengan diri sendiri, peraasaan bahagia, dan bayangkan apa yang ingin Anda raih/lakukan; maka jika hal tersebut dilakukan secara konsisten, alam bawah sadar Anda akan menuntun Anda menuju sebuah kesuksesan. Diperlukan emosi atau perasaan yang positif atau perasaan yang menyenangkan; ketika kita ingin ciptakan sebuah rasa bahagia, buatlah sebuah keinginan yang besar tentang sesuatu yang ingin kita capai.

Jadi, untuk membangkitkan alam bawah sadar Anda adalah dengan membayangkan, merasakan apa yang kita inginkan, rasakan dengan sejelas-jelasnya bahwa Anda telah berhasil mewujudkan keinginan Anda. Terakhir, berdoa dan berserah diri kepada Dia, maka akan ada jalan yang melintas dalam pikiran tentang bagaimana wewujudkanya. Sebuah solusi lahir setelah proses membayangkan, merasakan apa yang kita inginkan; sebuah jawaban dari alam bawah sadar Anda akan menuntun Anda pada sebuah kesuksesan yang Anda inginkan … :)


sumber: http://darevan.wordpress.com/2009/03/19/alam-bawah-sadar/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Blog Advertising - Advertise on blogs with SponsoredReviews.com

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner