livan73

http://payspree.com/113/livan73

Senin, 22 Maret 2010

Kesepian Bisa Picu Hipertensi

Kesepian atau kesendirian dapat meningkatkan tekanan darah khususnya jika Anda berusia di atas 50 tahun, demikian dilaporkan sebuah riset di Amerika Serikat. Penelitian menemukan, kurangnya hubungan dan interaksi dengan orang lain tidak hanya akan membuat hidup tak bahagia, tetapi juga memburuk kesehatan Anda.

Para pakar psikologi menemukan adanya hubungan langsung antara kesepian dan kenaikan tekanan darah dalam jumlah besar selang empat tahun penelitian. Hubungan ini tidak dipengaruhi usia atau faktor lainnya seperti merokok dan obesitas. Ini juga tidak berkaitan dengan depresi dan stres.

"Perilaku menyendiri adalah suatu faktor risiko yang unik dan merupakan hak pribadi," ujar peneliti Dr Louise Hawkley yang memuat temuanya dalam jurnal Psychology and Ageing.

Dr Hawkley, adalah psikolog dari University of Chicago, yang melakukan riset tentang pengaruh kesepian terhadap masalah dan kualitas kesehatan. Tekanan darah tinggi atau hipertensi sejak lama dikenal sebagai ancaman kesehatan serius. Hipertensi dapat meningkatkan risiko serangan jantung, stroke dan gangguan fungsi ginjal.

Dalam risetnya, Hawkley dan timnya melibatkan 229 responden berusia 50 hingga 68 tahun. Mereka secara acak dikelompokan dalam studi jangka panjang. Setiap anggota kelompok diminta menjawab serangkaian pertanyaan untuk memastikan apakah mereka merasa mengalami kesepian. Responden juga diminta membuat rata-rata nilai hubungan dengan orang lain melalui beragam topik.

Selama beberapa tahun penelitian berjalan, Dr Hawkley menemukan adanya kaitan yang jelas antara perasaan kesepian yang dilaporkan di awal studi dengan naiknya tekanan darah selama periode tersebut. "Peningkatan yang berkaitan dengan kesepian tidak diobservasi hingga dua tahun penelitian berjalan, tetapi kemudian terus meningkat hingga empat tahun kemudian," ujar Dr Hawkey.

Riset mencatat, responden dengan tingkat kesepian sedang pun mendapatkan pengaruh. Di antara semua responden, orang paling kesepian mengalami kenaikan tekanan darah hingga lebih dari 10 persen dari tensi rata-rata rekannya yang dikukur selama empat tahun penelitian. Kekhawatiran tentang hubungan sosial dapat dijadikan dasar mengapa mereka yang kesepian mengalami kenaikan tekanan darah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Blog Advertising - Advertise on blogs with SponsoredReviews.com

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner