livan73

http://payspree.com/113/livan73

Senin, 22 Maret 2010

Darah Tinggi Memicu Masalah Daya Ingat

Darah tinggi, selain bisa menimbulkan stroke, ternyata juga bisa memicu masalah pada daya ingat penderitanya. Penelitian di University of Alabama, Amerika Serikat, menemukan hubungan antara tekanan darah dengan gejala pikun.

Para peneliti menemukan bahwa orang dengan tekanan darah tinggi lebih mungkin mengalami masalah dengan memori dan kemampuan mental lainnya, yang ditandai dengan suatu kondisi yang disebut kerusakan kognitif ringan.

"Ada kemungkinan dengan mencegah atau mengobati tekanan darah tinggi, bisa berpotensi mencegah kerusakan kognitif, yang dapat menjadi awal dari demensia atau kepikunan," kata Dr. Georgios Tsivgoulis, salah satu peneliti dari University of Alabama, seperti VIVAnews kutip dari Telegraph.co.uk, Minggu 21 Maret 2010.

Seseorang didiagnosa darah tinggi jika tekanan darahnya lebih dari 140/90 mmHg. Penelitian juga menemukan hubungan antara masalah memori dengan diastolik tekanan darah tinggi yang mengukur tekanan di pembuluh darah antara detak jantung, dan angka kedua dalam pengukuran tekanan darah.

Penelitian ini melibatkan hampir 20.000 orang, yang berusia 45 tahun atau lebih. Hasilnya, hampir satu dari 13 orang menderita berbagai bentuk masalah memori. Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa tekanan darah diastolik tinggi dapat mengakibatkan melemahnya arteri di otak, yang dapat menyebabkan kerusakan otak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Blog Advertising - Advertise on blogs with SponsoredReviews.com

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner