livan73

http://payspree.com/113/livan73

Sabtu, 24 April 2010

Trik karier super ampuh!

Selalu memuji si bos? Sudah bukan zamannya! Coba praktekkan 8 sikap ini di kantor. Pasti anda jadi anak emas si bos!


1. Lupakan Celana Jeans Anda!

Saat ini, kebanyakan tempat kerja baru lebih konservatif dengan gaya busana kerja koncensional. Mau tahu cara berbusana yang tepat di kantor? Perhatikan baik-baik gaya berbusana atasan. Bos senang pakai setelan jas lengkap? Jangan ragu untuk berpakaian rapi ke kantor. Jika bos gemar pakai celana dan blus santai, ikuti saja. Tetapi saat ada meeting dengan klien, ganti dengan setelan yang rapi agar terkesan profesional.

2. Jadilah si Jago Hemat!

Walau anda bukan staf departemen accounting, sikap hemat bisa membantu kelancaran karier. Urusan kecil seperti memilih jasa pemngiriman kurir murah atau memberi alamat toko peralatan kantor dengan harga diskon termasuk langkah jitu yang bisa dilakukan.

3. Rajin Tatap Muka dengan Bos.

Jangan bersembunyi di balik cubicle anda! Atasan tidak akan pernah tahu prestasi anda jika hanya akrab dengan meja kerja daripada dengan atasan. Jika punya atasan yang super sibuk, manfaatkan setiap kesempatan untuk mencetak gol. Misalnya saat anda berpapasan dengan bos di lorong, dalam lift atau bahkan di tempat parkir, jangan ragu untuk membuk pembicaraan.

Fasilitas e-mail juga bisa jadi sarana yang efektif. Manfaatkan saat anda punya informasi tentang pekerjaan. Jangan menganggap remeh pembicaraan sekecil apa pun yang terjadi. Makin banyak waktu informal berbicara dengan atasan akan membuat anda merasa makin comfortable berbicara kepadanya.

Jika anda sampai kehilangan kata-kata ketika bertemu bos, ajak otak anda bekerja dan menemukan topik yang merarik, misalnya memuji artikel yang ditulis atasa untuk newsletter perusahaan. Jangan takut kedengaran sok tahu ^_^

4. Tunda Cuti demi Tugas

Saat perusahaan sedang mengadakan pengurangan karyawan, hati-hati saat menghilang dari kantor dan berlibur. Jangan ragu memotong lamanya liburan. Bila tadinya berencana libur dua minggu, jadikan seminggu saja.

Tips tambahan: Saat akan reservasi penerbangan, jangan lupa tanyakan fasilitas pembatalan. Jika tidak, anda jadi rugi besar karena sudah tidak cuti tetapi tetap harus keluar uang bayar tiket!

5. Buat Alamat E-mail Pribadi.

Fasilitas e-mail di kantor memang praktis dan efisien. Terkadang anda jadi tergoda untuk chatting. Eh, jangan salah! Administrator internet di kantor bisa melihat e-mail yang ada di komputer semua karyawan. Jadi jika ingin bergosip ria tentang masalah yang sangat rahasia, jangan pakai e-mail di kantor.

Perusahaan juga bisa memonitor lamanya anda browsing dan melihat situs apa yang dikunjungi. Menghabiskan waktu 2 jam untuk browsing jelas membuat anda kelihatan tidak serius bekerja. So, tetaplah bersikap bijaksana. But it’s ok kalau anda ingin mengirimkan e-mail pendek, misalnya untuk konfirmasi janji dinner bersama teman-teman.

6. Buka Suara saat Meeting.

Siapkan baik-baik diri anda sebelum meeting. Cuma duduk diam selama meeting bisa meruntuhkan karer. Anda terliat seperti tidak punya motivasi kerja. Cobalah menemukan topik unik yang bisa dikemukakan dalam rapat. Sebagai penunjang, anda bisa melengkapi data dengan klipping koran atau print-out dari internet.

Strategi lain: Mengambil posisi duduk strategis yaitu paling dekat dengan bos atau kepala aparat. Posisi duduk di sekitar pusat kekuatan akan membuat anda secara otomatis ikut terciprat citra kuat si pemimpin. Duduk di dekat pimpinan membuat anda kelihatan seperti salah satu “orang dalam” yang tahu segala rahasia perusahaan.

7. Sekolah lagi.

Merasa tua untuk kembali sekolah lagi? Haus ilmu memang tidak kenal usia. Ambillah kursus yang dirasa dapat mengangkat karier, mengasah otak atau melengkapi anda dengan keterampilan baru. Hasilnya, anda akan semakin dipertimbangkan sebagai karyawan yang berharga untuk perusahaan.

8. Menukar Gaji dengan Cuti.

Jika perusahaan tak pernah membuat anda gembira dengan urusan gaji, jangan langsung kesal dan putus asa. Apalagi jika anda memang punya prestasi kerja yang layak dibanggakan. Jika kenaikan gaji ternyata susah didapat karena perusahaan sedang melakukan pengetatan, tanyakan kemungkinan mendapat tambahan cuti.

(source: Cosmo, August 2002)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Blog Advertising - Advertise on blogs with SponsoredReviews.com

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner