livan73

http://payspree.com/113/livan73

Sabtu, 24 April 2010

Dampak HP Jadi Modem

Hmm.. mo nulis apaan ya.. beberapa hari ini ga ada yg spesial yg bisa dicritain sih… O iya, mending crita ini aja, tentang HP yg dijadiin modem dan dampak yg ditimbulkannya. O iya, objek yg terkena dampak yg di bahas pada postingan ini adalah HP, bukan komputer. Ini smua berdasarkan pengalaman teman-teman laen yg crita-critanya aku dapet dari google. Tapi sayang, aku lupa nulisin sumber2ny, hehe… Trus ada juga pengalaman pribadi ku, cos aku kadang-kadang emang internetan di rumah dan make HP ku sebagai modem yg disambungin ke komputer. Cerita ttg itu udah aku posting di sini.

Berdasarkan cerita teman-teman, HP yg dijadiin modem itu berdampak pada beberapa hal, yang pertama, batere menjadi boros dan cepet panas. kalo yang ini emang masuk akal banget, cos hp otomatis mendapatkan beban yg lebih berta dari biasanya, baik dari segi aplikasi yg berjalan atopun dari sisi penggunaan batere. Kalo terlalu sering, lama-lama daya tahan (baca: umur) HP akan jauh berkurang karena terlalu sering menjalankan program yg berat. Batere nya tentu saja juga jadi cepet jebol karena menerima panas dari komputer dan engine dari dalam Hpnya.

Yang kedua, IC power cepet jebol karena over heat, jadinya HP bisa mati total. Logikanya HP itu kan pada dasarnya bekerja dari dalam sendiri, jadi kalo di hubungkan dengan perangkat-perangkat laen yg memiliki sumber energi sendiri dan aplikasi sendiri yg cukup besar (kyk misalnya komputer), HP jadi cepet panas, sebab beban yg diterima lebih berat dari yg biasanya, apalagi kalo dikoneksikan dalam waktu yang lama. Kalo IC powernya mati, emang masih bisa diganti, tapi mahal, namanya aja alat vitalnya HP. Tapi kalo over heating nya menyebabkan putus jalur pada PCB, maka mau ga mau harus ganti HP nya…. Beberapa HP tertentu kalo dikoneksikan dengan komputer ga bisa merecharge HP nya secara otomatis, jadi kalo ga pengen khawatir batere HP abis pas lagi browsing2, mau ga mau harus sambil di charge dengan charger yg biasanya. jadinya beban HP bakalan tambah berat banget, cos selaen harus menjalankan aplikasi yg berat, juga harus menerima energi listrik dari charger.

kalo pengalaman pribadiku, Alhamdulillah HP ku nggak (belum?) jebol, masi cukup fit. Tapi emang terjadi beberapa kekacauan konfigurasi, kyk misalnya tampilan tanggal dan jam yg kacau, sama sms history yg juga kacau urutannya. Kalo aku ketidaknormalan laen sejauh ini belum aku temuin lagi. Kalo untuk masalah batere, masih cukup bagus kok, soalnya aku pake Sony Ericsson (W200), dan tipe HP itu kalo lagi di pake modem secara otomatis bakal me recharge batere sendiri yg energinya diambil dari komputer, jadi ga terlalu berat. Tapi kalo ngenetnya terlalu lama dan batere udah penuh, proses recharge masih tetep berjalan, jadi beban HP nya jadi berat lagi, over load, bisa-bisa baterenya jadi “gemuk” dan lama-lama jebol. Tapi sementara ini itu ga terjadi ma aku cos aku kalo ngenet dirumah ga lama2 kok, paling2 Cuma update blog ato maen2 fb doang, ga sampe lebih dari dua jam…

So, kesimpulannya emang HP yg dijadiin modem itu bisa menimbulkan efek-efek negatif terhadap HP itu sendiri. nah, besar kecilnya efek tersebut tegantung dari pemakaian kita masing2, mo make lama ato nggak. Bagi aku, selama pemakaian normal-normal aja, Cuma untuk up date blog ato nyari-nyari bahan yang mendesak, make HP sebagai modem cukup lah. Tapi untuk pemakaian yg lebih berat dan lama, kyk misalnya ngirim email yg attachment nya kapasitasnya gede, ato download2 sesuatu, mending diwarnet aja, ato wi fi an, lebih pas. Lagian kalo make hp, pulsanya agak mahal, trus speed nya juga ga bagus, apalagi kalo daerahnya belum dijangkau 3G. Ato kalo masih pengen internetan dari rumah, beli modem aja, ato masang speedy…



Sumber: http://ditter.wordpress.com/2009/05/29/dampak-hp-jadi-modem/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Blog Advertising - Advertise on blogs with SponsoredReviews.com

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner