livan73

http://payspree.com/113/livan73

Senin, 06 September 2010

Naga Bukan Mitos?

Pada 4 Maret 2010, di Xinwei Ancient Life Fossils Museum, Anshun, Guangzhou, ada beberapa fosil unik dipamerkan. Materi yang dipamerkan dinamakan ”China Dragon Fossils”, merupakan fosil utuh yang ditemukan di bawah timbunan es abadi di Pegunungan Thianshan, Jalan Sutera.

Fosil naga awalnya ditemukan di Guanling County, Anshun City, tahun 1996. Para arkeolog menutup rapat-rapat penemuan itu sehingga masyarakat dunia tidak mengetahui temuan spektakuler tersebut. Fosil naga disimpan para ahli Cina dalam kondisi baik selama puluhan tahun untuk menelusuri bukti-bukti pembanding lain yang lebih meyakinkan. Binatang purba ini memiliki panjang keseluruhan 7,6 meter. Bagian kepala dengan panjang 76 sentimeter dan leher 54 sentimeter. Tubuhnya 2,7 meter, lebar dalam 68 sentimeter, dan ekor dengan panjang 3,7 meter.

Kepalanya berbentuk segitiga dengan dua tanduk yang simetris dan panjang 27 sentimeter. Gambaran itu menjadikan fosil terlihat sangat legendaris, gagah seperti naga hidup. Naga Cina merupakan binatang reptil yang hidup di laut dalam periode Triassic sekitar 200 juta tahun lalu. Sebagai amfibius, ia menghabiskan sebagian besar waktu hidup di air, meskipun kadang-kadang ia berjalan di darat. Hewan ini, menurut penelitian, hidup dengan mengonsumsi ikan kecil.

Fosil tersebut merupakan temuan pertama di Cina dalam bentuk tubuh lengkap dengan sepasang tanduk dan sepasang cakarnya. Di situs Discovery Channel diperlihatkan beberapa bukti bahwa naga benar-benar memiliki tanduk.

Naga yang selama ini dianggap makhluk mitos belaka dan merupakan hewan yang sangat melegenda dalam kebudayaan Cina. Bahkan para leluhur cina mengganggap bahwa mereka adalah “keturunan naga”.

Naga juga muncul di kebudayaan di seluruh dunia. Hanya berbeda saja penggambarannya. Di Eropa naga berbentuk lebih pendek dan berjalan tegak. Gambaran itu sama dengan di Afrika. Sedangkan di Asia naga berbentuk panjang dan hampir semuanya memiliki sayap. Hanya satu kesamaan penggambaran naga, yaitu mempunyai kemampuan untuk menghembuskan api dari mulutnya.

Tinggal kini pembuktian dan penelitian lebih lanjut. Apakah naga benar – benar hewan yang pernah hidup pada masa lalu.



Sumber: http://catatanbujangan.wordpress.com/2010/05/25/naga-bukan-mitos/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Blog Advertising - Advertise on blogs with SponsoredReviews.com

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner